ABOUT ME

aq adalah aq, aq dilahirkan dari rahim seorang ibu yang luar biasa, ibu yang hebat, ibu yang selalu sabar dalam memberi perhatian maksimal kepadaku.
aq dlahirkan tepat pada tanggal 15 juni 1989, dengan history yang panjang dan bermakna akhirnya keluarga memberiku nama ” Hamzah Guna Wijaya “, ibu ayah semua lingkungan keluarga terus menerus dengan penuh kesabaran membesarkan aq, membesarkan anak sulung yang dharapkan kelak menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, dan bahkan tahun demi tahun telah terlewati. tumbuhlah aq dari bayi yang imut menjadi seorang bocah kecil yang lucu, pelajaran demi pelajaran nonformal yang berharga diberikan oleh ayah, ibu, dan sanak saudara yang ada disekitarku. Pada akhirnya aq hadir sebagai seorang anak TK yang memulai proses belajar mengajar secara formal di sebuah sekolah kecil dengan kesederhanaannya yang bernama ” TK DARUL ARQOM ” dengan bimbingan yang sabar dari beberapa pahlawan tanpa tanda jasa pada waktu itu, kreatifitas imajinatifq sebagai seorang anak TK sedikit demi sedikit muncul dan mulai terlihat. Waktu begitu cepat dan tidak terasa telah merenggut keceriaan masa TKq, seakan masa TK aq berjalan hanya 2 minggu, padahal perjalanan awal telah aq lalui selama 2 tahun di TK tersebut.
masuklah aq diruang yang baru, suasana baru, seragam baru, guru bar, dan adaptasi dengan kawan baru. hari2 awal aq lalui dengan berdiam diri, karena memang dengan umur yang masih begitu belia aq blum terbiasa dengan suasana baru. tapi sungguh luar biasa aq telah bertemu dengan teman2 yang selalu ceria, Teman2 SDN Babatan 4/459, teman2 yang tidak mengenal nilai diskriminasi . bersama teman2ku itulah aktifitas kecilku telah menyimpan kenangan yang indah sampai saat ini, setiap hari, sekolah, pulang, makan siang, tidur siang, bangun dengan mata yang jeli melihat jika ibu masih tidur, ayah blum pulang kerja, kakek nenek masih disawah, aq langsung berlari cepat untuk bermain bersama teman2q, maen kelereng, maen petak umpet, maen bola dlsb. hingga waktu menunjukkan pukul 4 sore, akhirnya dipanggillah oleh bunda tercinta, untuk melakukan rutinitas religi alias solat lalu berangkat mengaji ke masjid. begitulah hari2 aq lalui sampai akhirnya tidak terasa aq sudah kelas 6 SD, dan rutinitas seperti itu sudah aq kurangi, dan lebih intens belajar bwt persiapan ujian nasional. berjalan seiring waktu “Alhamdulillah” pengumuman kelulusan telah aq dengar bersama keluarga, pada saat itu aq dan teman2 sedang mencari sekolah yang tepat, tapi keluarga mempunyai rencana lain, keluarga ingin aq menjadi seorang yang bisa membimbing adik – adikq kelak baik spiritual, sosial maupun akademik. muncullah keputusan agar aq di tempatkan disebuah Pondok Pesantren.
AMANATUL UMMAH, itulah sebuah nama yang akan terus menghiasi kenangan dalam anganku, dari situlah aku merasakan perjalanan panjang yang aku tempuh hingga sampai saat ini, awalnya emang rasanya tidak begitu kerasan, aq sering kali sakit, ” gudik ” mungkin itulah penyakit yang rasanya tidak hanya aku yang merasakan tapi mayoritas santri di pesantren itu pernah mengalami, tapi memang itulah keadaanya pada waktu itu. telah lama dengan seiring berjalannya waktu aq hampir pindah dari pondok tercinta itu, karena sebuah permasalahan internal pesantren tapi sedikit berdampak pada psikologis santri termasuk aq, dengan berbagai pertimbangan dan karena teman2 q yang solidlah akhirnya aq memutuskan untuk tetap ” nyantri ” di pesantren itu. rasanya hari – hariku begitu hidup dengan rutinitas yang aku jalanin setiap hari meskipun banyak teman mengatakan hidup di AMANATUL UMMAH bagai hidup di penjara suci. tapi ternyata hal itulah yang secara tidak langsung banyak mengajarkan tentang arti sebuah kehidupan meski masih terlalu dini. begitu banyak cerita, kisah yang aq alami selama Nyantri di Pondok itu, yang rasanya gak bakal aq tulis disini karena begitu banyak dan indah biarlah kisah itu yang ada dalam memory hidupku untuk batas waktu yang aq sendiri tidak tahu sampai kapan. hingga tidak terasa perjalanan hidupku di MTs. Unggulan Pon. Pes. Amanatul Ummah Surabaya berjalan 3 tahun, dan dengan konsentrasi dan perjuangan yang gigih akhirnya luluslah aq dari MTs. dan aq melanjutkan jenjang pendidikanku Di Madrasah Aliyah ( setingkat SMA ) juga disekolah dan pesantren yang sama ” AMANATUL UMMAH “. dengan semakin dewasanya aq maka begitu banyak pula ilmu tentang kehidupan, tentang bersosialisasi, tentang Sense of Bilonging dan masih banyak yang aku dapatkan. dan begitu banyak pula kisah dan cerita ( lucu, sedih, gembira, senang, susah ) semuanya dach, pokoknya aq rasain semua disini, dan hal yang paling berkesan adalah dengan keadaan apapun baik senang maupun susah, sedih maupun gembira aq ditemani oleh sahabat2 yang luar biasa yang berada dalam 1 atap ” penjara suci “. sungguh luar biasa ikatan batin temen2 waktu itu hingga saat ini. sampaipada akhirnya kita dipisahkan oleh waktu, kita lulus dari MA ( Madrasah Aliyah ) dan masing – masing melanjutkan perjalanan hidupnya, ada yang terus melanjutkan study baik negri, swasta, dalam ataupun luar negri mereka menyebar, ada yang memutuskan untuk mencari nafkah dengan langsung bekerja, dan ada pula yang memutuskan untuk menikah, tapi satu hal yang aku banggakan adalah, mereka memiliki komitmen bahwa ” kita berpisah bukan untuk selamanya, tapi kita berpisah untuk berjumpa dan bersama-sama mengaktualisasikan cita – cita luhur Amanatul Ummah” sungguh komitmen yang luar biasa.
blog lain http://ncose.blogspot.com/

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s